Minggu, 03 Juni 2012

Sejarah dan Prinsip A-GPS


A-GPS ---- A-GPS pertama kali dikeluarkan oleh US FCC (United States Federal Communications Comission), yakni suatu badan komunikasi Amerika.Pada masa itu digunakan untuk mengakomodir Panggilan Darurat (911) agar penelpon dapat terlacak dengan lebih akurat, baik ketika di dalam maupun luar gedung. Pada masa sekarang ini, deteksi posisi bukan lagi hanya untuk kebutuhan militer ataupun eksplorasi, namun akibat adanya "demam" piranti-piranti tanpa kabel ataupun komunikasi selular, penggunaan deteksi posisi telah menjadi sebuah kebutuhan di dunia telekomunikasi.

Atas dasar itulah, maka teknologi pencari posisi ini terus berevolusi mencari bentuk yang paling ideal dan sempurna.

Assisted Global Positioning System merupakan penyempurnaan dari GPS sebagai satelit penentu posisi di belahan bumi. Supaya perangkat GPSbisa menangkap sinyal dengan baik, perangkat harus berada di luar ruangan, bahkan harus dibawah langit terbuka. Kekuatan sinyal bisa berkurang kalau perangkatGPS berada di bawah pohon, dibawah gedung-gedung pencakar langit atau di dalam kendaraan. Sinyal hampir bisa dipastikan menghilang kalau pembawa perangkat GPSmasuk ke dalam gedung. Pada A-GPS terdapat sebuah server bantu (Assistance server) sehingga masalah yang dihadapi oleh GPS bisa pun teratasi.

Metode Advanced Positioning yang terdapat pada A-GPS merupakan metode penentuan posisi yang paling tinggi akurasinya dibandingkan metode deteksi posisi lainnya seperti misalnya Time Difference Of Arrival (TDOA), maupun Enhanced Observed Time Difference (E-OTD) sehingga A-GPS jauh lebih efisien dan efektif dalam mengakses informasi dari satelit karena tidak perlu mencari data satu persatu dari ke-24 satelit yang ada, namun A-GPS telah mengetahui sasaran (satelit) mana yang dibutuhkan atau dituju.


Server bantu yang memiliki kemampuan dalam mengakses informasi dari referensi jaringannya dan juga memiliki kekuatan komputasi jauh melampaui sebuah perangkat penerima GPS biasa. Dalam sistem tersebut, server bantu berkomunikasi dengan perangkat penerima GPS dalam sebuah perangkat telephone selular melalui jaringan selularnya. Dengan bantuan jaringan selular tersebut, perangkat penerima dapat beroperasi lebih cepat dan effisien, sebab beberapa tugas yang biasanya dilakukan sendiri dapat dibagi dengan server bantu tentunya. Dan hasilnya sistem A-GPS dapat meningkatkan performanya jauh melampaui bilamana sebuah perangkat penerima GPS yang sama beroperasi tanpa bantuan (stand-alone mode).

PRINSIP KERJA A-GPS
·       Metode A-GPS merupakan metode yang berbasis pada waktu.Pada metode ini, akan dilakukan pengukuran waktu tiba dari sebuah sinyal yang dikirimkan dari satelit GPS. Hal ini berarti pada perangkat yang digunakan harus memiliki fasilitas untuk mengakses GPS. A-GPS seperti halnya GPS, juga menggunakan satelit yang memancarkan sinyal radio ke penerima yang terpasang pada permukaan atas bumi. Penerima GPS dihubungkan dengan antena yang menerima sinyal radio untuk mengkalkulasi posisi penerima GPS.
·       Pada umumnya, sebuah perangkat penerima GPS standard memerlukan kondisi bebas hambatan keangkasa dan memerlukan sedikitnya 4 buah satelit sebelum dapat menghitung posisinya secara memadai. Terlebih lagi memerlukan perangkat yang memiliki kemampuan proses yang cukup kuat untuk mentransformasi data streams dari satelit-satelit tsb menjadi sebuah posisi.
·       Dalam mode A-GPS, perangkat penerima selular cukup mengambil sekilas dari sinyal satelit dan mentransmisikannya ke sebuah tower selular yang meneruskannya kesebuah server bantu yang melakukan kalkulasi yang diperlukan untuk menghitung sebuah position fix. Server itu kemudian mengirim kembali hasil perhitungan posisi ke perangkat penerima selular tersebut. Walaupun pada beberapa perangkat penerima selular lainnya yang dapat menerima data streams yang telah dirubah tsb dan menghitung posisinya sendiri.

APLIKASI
·       A-GPS menawarkan solusi terakurat dari metode-metode yang telah ada sebelumnya. Lebih lanjut, A-GPS merupakan layanan yang menggabungkan sistem GPS dan layanan GSM (Global System for Mobile Communications).
·       Layanan ini juga berguna untuk dapat menjembatani kekurangan dan kelebihan GPS dan LBS. LBS adalah Location Based Service yang sebenarnya adalah salah satu layanan tambahan dari selular GSM.LBS bukanlah sistem tetapi merupakan layanan yang menggunakan sistem tambahan penunjang sistem GSM.
·       A-GPS Menjadikan proses akses informasi menggunakan satelit menjadi lebih mudah dan cepat.


0 komentar:

Posting Komentar