Sabtu, 31 Maret 2012

KALAZION



KALAZION  > Penyumbatan kelenjar minyak yang kecil di dalam kelopak mata
Kalazion merupakan peradangan granulomatosa kelenjar Meibom yang tersumbat. Pada kalazion terjadi penyumbatan kelenjar Meibom dengan infeksi ringan yang mengakibatkan peradangan kronis tersebut. Biasanya kelainan ini dimulai penyumbatan kelenjar oleh infeksi dan jaringan parut lainnya.

Manifestasi Klinis
Benjolan pada kelopak yang terjadi dalam beberapa minggu, keras, tidak hiperemis, tidak nyeri tekan, pseudoptosis, kadang-kadang terjadi perubahan bentuk bola mata akibat tekanan sehingga terjadi kelainan refraksi. Konjungtiva pada daerah tersebut merah dan meninggi.

Pemeriksaan Penunjang
Pemeriksaan histopatologi dilakukan bila kalazion terjadi berulang kali sehingga dicurigai keganasan.
Penatalaksanaan
Diberikan kompres hangat, antibiotik setempat dan sistemik, serta insisi. Kadang dapat sembuh atau hilang sendiri karena diabsorbsi, atau dapat dilakukan ekskokleasi isi abses didalamnya atau ekstirpasi. Dilakukan insisivertikal ke kelenjar tarsal dari permukaan konjungtiva diikuti kuret bahan gelatin dan epitel kelenjar.
Bila lesi kecil, dapat diberikan injeksi steroid intralesi atau sebagai kombinasi dari operasi.
Pengobatan
Kompres dengan air hangan 10-15 menit 4 sampai 6 kali sehari, kompres hangan akan melunakkan minyak yang mengeras dan menyumbat.




0 komentar:

Posting Komentar